Langsung ke konten utama

Skin Preparation Before Makeup

Hai hai beautyblogs

Sesuai judul yang aku buat diatas, kali ini aku mau sharing-sharing tentang skin preparation.

Kalian udah pada tahu gak skin preparation itu apa? Aku yakin udah pada tahu sih ya. Apalagi kalau kalian yang suka bgt skincarean & makeupan pasti udah pada tahu tentang skin preparation ini.

Tapi sekarang aku mau jelasin dikit ya guys tentang skin preparation itu seperti apa dan sejauh apa pengaruh skin preparation ke kulit atau hasil makeup kita. Aku juga mau rekomendasiin beberapa produk yang biasa aku pakai untuk skin preparation.

 

Apa Itu Skin Preparation??

Skin preparation itu merupakan tahapan yang kita lakukan untuk mempersiapkan kulit.

Mempersiapkan kulit dari apa nih maksudnya?

Dalam tahapan skincare routine skin prep ini merupakan tahapan untuk mempersiapkan kulit agar ready untuk menerima dan menyerap bahan-bahan yang akan kita aplikasikan pada wajah. Sedangkan dalam bermakeup skin prep ini bertujuan untuk mempersiapkan kulit dengan memberikan hidrasi yang cukup agar tidak timbul banyak masalah saat mengaplikasikan makeup/setelah makeup selesai.

Nah, yang akan aku sharing-kan ke kalian kali ini adalah skin prep yang biasa aku lakukan sebelum mengaplikasikan makeup. Jadi fokusnya adalah tahapan apa saja yang aku lakukan sebelum makeup-an agar hasil makeupnya bisa maksimal.

Sepeprti yang udah aku tulis diatas guys, skin prep inikan tujuannya mengurangi masalah saat kita makeupan ya.. jadi kita juga harus tahu dulu nih biasanya, masalah saat makeupan itu apa aja. Kalau diaku pribadi, masalah yang sering muncul saat makeupan itu adalah crack dibagian dahi, atas bibir dan garis senyum, foundation kurang cover di bagian hidung, dan sering cepat berkeringat kalau aku lama-lama outdoor. Untuk mengurangi masalah inilah, sekarang aku wajib lakukan skin prep dulu sebelum makeupan.

Teknik skin preparation yang aku lakukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahapan menggunakan skincare. Ya memang produk yang aku gunakan adalah produk skincare bukan primer.

Kenapa produk yang digunakan adalah produk skincare? Karena dari skincarelah kita bisa dapatkan fungsi hidrasi/melembabkan kulit. Sedangkan primer cara kerjanya seperti memberikan lapisan tambahan diatas kulit agar kulit terasa mulus, dan beberapa jenis primer, efeknya hanya sesaat aja. Ditambah lagi beberapa primer yang udah pernah aku coba, tekturnya itu lotion dan pasti ada kandungan minyaknya. karena tujuanku adalah menghidrasi, aku gak perlu primer yang banyak minyaknya ini. Jadi dengan menggunakan produk skincare pada tahap skin prep, kita dapat memberikan kelembabkan yang cukup pada kulit sehingga kulit tidak akan mudah kering atau tidak memicu kulit memproduksi minyak alami saat kita menggunakan makeup. Dengan kulit yang tidak kering dan tidak berminyak, makeup yang kita gunakan akan nempel diwajah dengan baik, tidak crack, dan tidak mudah luntur karena berminyak.

 

Produk untuk Skin Preparation?

Yang dicari saat skin prep sebelum makeupan adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Jadi produk yang aku gunakan adalah produk yang memiliki fungsi untuk menghidrasi/melembabkan. Dan biasanya produk yang menghidrasi ini memiliki tekstur yang ringan, konsistensinya cair/gel dan cepat menyerap ke kulit. Dalam memilih produk aku selalu melihat komposisinya dulu. Biasanya produk yang aku pilih untuk skin prep ini yang ada kandungan hyaluronic acid, aloe vera, niacinamidae, dan beberapa bahan yang punya fungsi melembabkan. Aku juga menghindari produk yang ada kandungan oil, karena takutnya produk dengan kandungan oil terlalu banyak buat makeup gak tahan lama dan gampang geser-geser gitu guys. Apalagi produk makeup yang biasa aku pakai seperti foundation, concealer, atau produk lain yang teksturnya cream dan liquid kan pastinya mengandung minyak. Biar hasil makeup jadi tahan lama, aku gak akan nambah minyak lagi di wajah.

 

Bagaimana tahapan Skin Preparation?

Tahapan skin prep disini sama seperti tahapan skincare yang sudah biasa kita lakukan guys. Aku mulai dari produk yang teksturnya paling cair ke tekstur yang paling lengket. Biasanya aku mulai dari menggunakan face mist, toner, lotion/essence, serum, dan gel moisturizer. Disatu waktu, antara lotion atau essence, aku gunakan sesuai kondisi kulitku saat itu aja. Aku gak pernah pakai kedua produk ini bersamaan, aku selalu pilih salah satunya, karena menurutku antara lotion dan essence memiliki fungsi dan tekstur yang sama. Jadi untuk menghindari skin prep yang aku pakai over moist, aku pilih menggunakan salah satu dari kedua produk ini. Aku hanya pakai produk seperlunya aja untuk dapat kadar kelembaban yang cukup. Setiap mengaplikasikan satu produk, aku akan tunggu beberapa detik untuk memastikan produknya menyerap dengan baik, baru akan aku lanjutkan ke step selanjutnya.

 

Rekomendasi Produk untuk Skin Preparation



Beberapa produk yang belakangan ini sering aku gunakan dalam skin prep:

-      Lt Pro Face Mist


Aku suka pakai face mist ini karena cukup melembabkan dan cepat menyerap ke kulit. Konsistensinya watery dan ringan banget. Aku biasanya pakai 2 layer dan langsung diratakan ke seluruh wajah dan leher. Dari komposisinya aja udah oke guys, ada beberapa bahan yang fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit seperti Xyliityglucoside, Sodium Pyrrolidone Carboxylic, dan Chamommila Racutita Flower Extract. Dan face mist ini juga alcohol free ya guys, jadi nyaman banget dipakainya.

 

-      Emina Skin Buddy Face Toner

Face toner dari Emina ini konsistensi yang watery, ringan, dan gampang menyerap juga. Aku aplikasikan sekitar 3-4 tetes toner untuk layer pertama, kalau aku rasa kurang lembab biasanya akan aku tambah 3 tetes lagi dan diratakan ke seluruh wajah dan leher. Saat pemakaian toner ini ada efek shooting dan menghidrasi yang berasal dari kandungan Aloe Barbadensis Leaf Extract, Soodium Hyaluronate, Calendula Officinalis Flower Extract, dan Chamommila Racutita Flower Extract.

 

-      Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion


Hadalabo ini memang terkenal dengan produk yang melembabkan dan minim bahan tambahan sih ya. Yang aku suka dari produk ini, doi yang to the poin banget ingredients-nya. Kalau series gokujyun ini ada beberapa pilihan sesuai dengan jenis kulit. Yang aku pakai yang untuk kulit dry-normal skin, dengan kandungan 3 jenis hyaluronic acid. Konsistensinya masih watery ringan tapi lebih thick dibandingkan face mist dan toner yang aku sebutkan di atas. Pemakaiannya biasanya cukup aku aplikasikan 3 tetes saja untuk seluruh wajah dan leher. Efek after pemakaian ada terasa licin di kulit dan agak lengket. Setelah di diamkan beberapa saat, rasa licin dan lengketnya berangsur berkurang.

 

-      Implora Luminous Brightening Serum

Serum ini punya konsistensi masih watery tetapi paling thick dari semua produk diatas, daya serapnya lebih lama tentunya. Untuk mengcover wajah dan leher aku cukup pakai 3 tetes saja. Main ingredients-nya adalah niacinamide, caviar, collagen, black pearl, dan vitamin C. jadi selain efek brighteningnya, serum ini bisa melembabkan kulit dan bis akita pakai juga untuk anti aging. Paket komplitlah ya guys. Pstt,, asiknya lagi harganya yg affordable.

 

-      Herborist Skin Moisturizer Aloe Vera Gel

Setelah kita menggunakan rangkaian produk yang menghidrasi, wajib hukumnya untuk mengunci kelembaban kulit. Tahap terakhirnya adalah menggunakan moisturizer. Dan khusus untuk skin prep ini, aku selalu menggunakan moisturizer yang teksturnya gel, untuk menghindari kadar minyak berlebih pada pelembab. Belakangan ini aku lagi sering pakai aloe vera gel dari Herborist. Kandungan utamanya ya tentu saja Aloe Barbadensis Leaf Extract, dan ada tambahan Tocopheryl Acetate (Vitamin E).

 

Setelah pakai teknik skin prep ini bagaimana hasilnya???

Guys, seriusan deh aku rekomendasiin banget kalian pakai teknik skin prep ini sebelum makeupan Tapi produknya gak harus sama ya, sesuaiin aja sama skincare yang menghidrasi yang udah kalian punya. Sejauh aku pakai teknik ini, makeup yang aku pakai jauh dari keluhan, foundationnya jadi lebih nempel dan setting powdernya juga gampang banget ngeset diwajah. Aku pakai teknik ini gak cuma pakai pribadi aja, tapi beberapa kali aku makeupin client juga selalu pakai teknik skin prep. Hasilnya itu memang memuaskan banget. Makeupnya awet seharian, minim crack atau luntur (kecuali kalau pakai masker ya).

Kalau kalian masih penasaran, yuk cuss cobain teknik skin prep ini.

Oke guys, kayanya udah segitu aja ya yang bisa aku sampaikan tentang skin prep. Semoga yang aku sampaikan bermanfaat buat kalian. Dan kalau ada yang suka skin prep juga sebelum kalian makeup-an, punya rekomendasi prooduk-produknya bisa sharing di kolom komentar juga ya. Agar aku bisa coba produk yang lain juga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JJ Glow Moisturizing Cream {REVIEW}

Hai genggess… aku kembali setelah istirahat sebentar dari blog. Gimana kabar kalian gengs? Semoga sehat ya,, J Aku ketemu sama produk baru nih gengs. Ketemunya udah sekitar sebulanan sih, kebetulan di tawarin temen yang olshop-an, dan penasaran mau coba. Produk ini keluaran dari MS Glow Beauty. Sebelumnya aku juga udah beberapa kali cerita tentang produk-produk MS Glow. Kalau aku lihat-lihat, produk ini cukup popular di Bali, mungkin karena lagi gencar-gencarnya promosi dan ada banyak yang jual offline atau online juga. Beberapa temenku juga ada yang jual, jadi lumayan mudah cari produknya. Eh,,, mulai ngalor ngidul lagi ceritanya. Aku belum bilang nama produknya ya gengs, hehe. Produk yang mau aku ceritain kali ini, namanya JJ Glow Moisturizing Cream. Baca Juga :   MS Glow Moist Cushion JJ Glow Moisturizing Cream ini diformulasi untuk pemakaian di wajah dan badan. Tetapi dari awal pemakaian aku cuma pakai untuk badan aja. Aku pakai seperti pemakaian lotion. Sebelum kebagi

REVLON "Touch & Glow Moisturizing Makeup" dan "Touch & Glow Extra Moisturizing Face Powder {REVIWE}

Hai gengs,, welcome back.... Bulan puasa udah mau usai aja nih dan bentar lagi Idul Fitri ya,, temen-temen muslim udah persiapan apa aja sih?? Pasti udah banyak banget kan ya..... Seneng ya kalau sudah menyambut hari raya gini, dimana-mana pasti banyak discountnya (keliatan banget pemburu discount,, hehe 😆) Ngomongin banyak discount, aku baru aja dapet dua perlengkapan tempur baru, hasil discount-an di outletnya REVLON. Kedua produk ini termasuk yang baru pertama aku coba, jadi aku mau sharing sedikit review dan gimana first impression aku coba produk REVLON. Jadi produk yang baru aku beli adalah REVLON Foundation "Touch & Glow Moisturizing Makeup" dan REVLON "Touch & Glow Extra Moisturizing Face Powder". Aku akan mulai review dari faoundatinnya dulu ya.. Touch & Glow Moisturizing Makeup 💞 PACKAGING Touch & Glow Moisturizing Makeup Foundation ini memiliki kemasan luar berbahan karton berwarna hitam. Pada bagian kemasan dicet

Cushion Lokal yang lagi Nge-Hits ~ Moist Cushion by MS Glow

Hai dear….. Postingan kali ini aku akan review salah satu cushion dari brand lokal yang booming akhir-akhir ini. Ada yang tau brand ini???? Yaps,,, MS Glow. Pada review ku yang pertama aku memilih Moist Cushion karena ini adalah salah satu produk yang lumayan sering aku pakai. Awalnya MS Glow ini adalah brand untuk perawatan kulit wajah dan badan, tetapi saat ini sudah mulai mengeluarkan produk-produk kosmetik, salah satunya adalah cushion. Oke deh kita mulai saja ya… Pertama packaging-nya dulu nih,,, dari luar si moist cushion ini lucu dan elegant banget. Kenapa aku bilang lucu, karena aku suka lihat warna pink dari box nya. Dan perpaduan warna pink dan sentuhan warna gold pada tulisannya bikin cushion ini terlihat mewah. Untuk brand lokal yang baru melejit namanya, ini bisa menjadi daya tarik para pembeli loh…. gak cuma box-nya saja yang aku suka ternyata di bagian tempat cushion-nya juga elegant. Pada tempat cushion warnanya bukan pink lagi tapi dipilih perpaduan antara pu