Langsung ke konten utama

Puasa Skincare Atasi Jerawatku.

 

Hai beautiblogs….

Lama banget nih aku gak nulis disini. Rasanya kangen cuap-cuap lagi. Ehm… maaf ya kesannya gak konsisten gini . Aku belum bisa menyesuaikan dengan kondisi setelah punya baby jadi agak susah atur waktu buat ngeblogs.

Aku gak mau lama-lama diawal deh, karena kali ini mungkin aku bakal cerita agak panjang. Di postingan kali ini aku mau cerita perubahan kondisi kulit aku setelah hamil dan melahirkan. Ya.. ini mungkin bakalan jadi panjang dan lama. Semoga aja kalian gak bosen bacanya.

Jadi waktu hamil itu, kulitku udah mulai ada perubahan, yang awalnya normal dan gak ada jerwat, tiba-tiba terasa kering sampai dibeberapa bagian sering terasa ketarik dan ada bekas-bekas putih agak bersisik gitu dan ada yg mengelupas juga. Aku mulai ganti beberapa produk skincare aku ke skincare yang fokusnya untuk melembabkan. Setiap skincare yg aku coba disini cocok2 aja, gak ada breakout atau gejala gak cocok lainnya. Karena merasa aman aja, aku mulai iseng coba-coba skincare lain.

Nah dari sering gonta-ganti skincare itu, kulitku mulai ada perubahan lagi. Bagian dahi mulai ada jerawat grindil kecil. Waktu itu aku masih merasa gak masalah dengan timbulnya jerawat. Sampai akhirnya, jerawatnya muncul gak berhenti dan di mulai ada jerawat yang meradang. Bekasnya pun lama pudarnya. Aku mulai kepikiran “kulitku kenapa ya? Apa yang salah nih?”

Akhirnya aku mulai ganti produk lagi, cari skincare yang focus buat jerawat, pelan-pelan aku ganti semua step skincare rutinku. Berkali-kali trial error. Gak cocok aku coba yg lain, dan gitu terus sampai aku capek, gak tau mau coba skincare apa lagi. Sambil cari produk yg tepat sama kondisiku, aku juga cari informasi selain skincare, aku bisa obatin dengan cara apa lagi biar jerawat meradang ini cepet pulih. Akhirnya aku ketemu satu video di youtube, videonya Jemima Livia. Di video itu aku tau tentang puasa skincare/skin fasting atau stop pemakaian skincare sementara waktu. Sebelum aku praktektin cara ini, aku juga cari info tahapan puasa skincare ini seperti apa.

 

💓Apa sih Puasa Skincare/ Skin Fasting??

Puasa skincare atau sering juga disebut dengan skin fasting merupakan satu metode perawatan kulit, dimana kita menghentikan sementara waktu pemakaian produk skincare. Jadi bisa dikatakan kulit kita “puasa” menggunakan skincare.

Puasa skincare ini dilakukan hanya sementara waktu, dengan tujuan kulit kita dapat lebih relax dari banyak produk yang biasa kita pakai, jadi kulit dapat bekerja sesuai dengan tugas alaminya tanpa gangguan dari bahan aktif yang terkandung pada produk skincare tersebut. Dengan melakukan skin fasting ini, secara tidak langsung kita juga membantu kulit melakukan detox secara alami dan mengurangi iritasi kalau kita sempat menggunakan produk secara berlebihan.

 

Walaupun namanya puasa skincare, bukan berarti kita tidak menggunakan produk apapun pada kulit beautyblogs. Kita masih tetap pakai beberapa produk basic seperti cleanser, moisturizer, dan tetap wajib menggunakan sunscreen. Jadi dengan metode ini kita hanya berhenti sementara menggunakan bahan aktif saja.

 

Tahap awal yang aku lakukakan dalam puasa skincare ini, aku cari tahu dulu kenapa kulitku bisa tumbuh jerawat  yang meradang. Prediksi sementara waktu itu karena aku:

🌱Terlalu banyak pakai produk yang melembabkan mulai dari toner, essence, serum, sampai ke moisturizer yang akhirnya membuat kulitku over moist.

🌱Terlalu sering exfoliasi kulit. Aku punya toner dan serum yang fungsinya mengexfoliasi. Walaupun aku pakai gantian tapi (sepertinya) pemakaiannya terlalu sering waktu itu.

🌱Jadwal tidur malam yang kacau. Aku sering begadang dan main gadget sampai malam. Ini kebiasaan yang susah sekali aku ubah.

Dari prediksi pertama dan kedua, bisa dibilang kulitku lagi capek/stress karena terlalu banyak skincare, ditambah lagi dengan pola tidur yang buruk. Alhasil semakin ngambeklah si kulit dan jerawatpun bermunculan. Setelah menyimpulkan beberapa prediksi itu, barulah aku mulai puasa skincare dengan mengurangi pemakaian produk secara bertahap.


💓Tahapan Skin Fasting

Tahap 1: (5 Februari) Stop exfoliasi selama satu minggu. Sambil sesekali aku perhatikan kondisi kulit. Ada perubahan atau tidak. Minggu pertama ini kulitku masih sama seperti sebelumnya, jerawatnya makin merah dan sakit.

Tahap 2: Minggu kedua aku stop menggunakan toner, essence, dan serum secara bertahap. (12 Februari) stop menggunakan serum dan essence. (15 Februari) stop menggunakan hydrating toner. Produk yang masih aku pakai di minggu ini hanya cleansing milk, face wash, moisturizer cream, dan sunscreen. Di minggu ini aku juga mengganti face wash. Awalnya aku menggunakan Himalayan Herbals Neem Foaming Face Wash, aku ganti jadi Acnes Creamy Wash. Aku ganti produk ini karena setelah cuci wajah dengan Himalayan face wash itu kulitku terasa agak kering, apalagi aku sudah mengurangi beberapa produk yng menghidrasi.

Tahap 3: Setalah merasa cocok dengan Acnes Creamy Wash, (20 Februari) aku stop menggunakan moisturizer cream. Seharusnya moisturizer tetap digunakan tapi karena aku mau ganti moisturizer cream ke moisturizer gel, jadi cream ini aku stop selama 2 hari. Awalnya aku pakai Citra Green Tea Antiacne Essence Cream. (22 Februari) mulai menggunakan moisturizer YOU Multi Purpose Aloe Vera Gel yang formulanya lebih ringan.

Tahap 4: (24 Maret) sudah sebulan aku hanya menggunakan basic skincare (cleanser – moisturizer – protecting). Sejauh ini kondisi kulitku sudah mulai terlihat ada perubahan. Jerawat meradang sudah membaik, gak merah dan gak sakit lagi. Banyak jerawat yang udah kempes, tinggal memudarkan nodanya aja. Tapi beberapa kali jerawat kecil masih ada yang muncul.

Dengan puasa skincare selama hampir satu setengah bulan, sangat membantu dalam mengurangi sakitnya jerawat meradang dikulitku. Memang belum sembuh total dari jerawat. Jerawat kadang masih muncul tapi gak pernah sampai meradang. Jerawat yang sebelumnya juga lebih cepat bisa diatasi, cepet kempes, nodanya gak begitu kelihatan. So happy lah sama kondisi kulit yang sekarang ini. Tinggal PR-nya bersihnin jerawat yang kecil-kecil dan nuntasin noda jerawat yang masih kelihatan aja.

Btw ini ada beberapa foto aku selama puasa skincare. Tapi maaf bgt, aku gak sering ambil gambar karena kurang pede sama jendul-jendul jerawatnya. :D apalagi di awal muncul jerawat itu, bagian dahi aku cukup banyak jerawat besar jadi makin jarang deh aku foto-foto wajah.

Gambar pertama aku baru ambil 22 februari. Kondisi kulitku masih ada jerawat dan merah-merah dibeberapa titik. Waktu itu jerawatnya sudah mulai ada perubahan. Beberapa ada jerawat mendem gitu masih agak sakit dan meradang, dan jerawat yang udah muncul nanah putih kecil tapi udah mulai kering. Foto yang kedua tanggal 8 maret, jerawat mendem dan merah-merahnya udah mulai berkurang tapi masih ada jerawat kecil-kecil. Diminggu-minggu ini aku gak ngerasain sakit dijerawat lagi. Dan foto terakhir aku ambil 25 maret. Ini masuk satu bulan puasa skincare, beberapa titik masih sering muncul jerawat sih, tapi yang jerawat kecil aja. Terus kondisi kulitku juga lumayan baik, karena merah-merah akibat jerawatnya sudah mulai berkurang. Sampai ditahap ini aku masih lanjutin pakai basic skincare aja, dengan rutin re-apply sunscreen dan double cleansing di sore/malam hari.


Dan ini empat produk yang aku pakai selama puasa skincare.



🌼Cleanser yang aku pakai Viva Milk Cleanser Bengkuang dan Acnes Creamy Wash. Pagi hari aku hanya pakai satu cleanser, yang Acnes Creamy Wash. Sedangkan sore/malam hari aku bersihkan wajah dengan double cleansing. First cleansernya Viva Milk Cleanser dan second cleansernya yg Acnes. Untuk first cleanser ini aku gak ada ganti produk karena aku ngerasa udah cocok aja sama si viva cleanser ini. Dan second cleansernya di tahapan tadi aku udah cerita sedikit, cleansernya aku ganti dari Himalayan Herbals Neem Foaming Face Wash. Aku sempat baca ingredientsnya, ternyata Himalayan ini masih pakai Ammonium lauryl sulfate (ALS). ALS ini masih bagian dari Lauryl Sulfate yang merupakan bahan (detergen/sabun) pada produk pembersih yang menimbulkan busa. ALS ini dikatakan lebih ramah kulit dibandingkan SLS, akan tetapi pada beberapa kondisi kulit/digunakan secara berlebihan juga memberikan efek kering pada kulit. Setelah lepas beberapa produk yg menghidrasi, aku ngerasa ketarik dibeberapa bagian wajah, jadi aku pikir karena factor si ALS itu. Jadi aku pilih untuk mengganti second cleanser.

    🌼Moisturizer/Pelembab, aku pakai Aloe Vera Gel dari YOU. Produk ini selai melembabkan, setelah pemakaian juga ada sensasi coolingnya. Jadi selalu terasa segar setelah pemakaian. Sebelumnya aku pakai pelembab Citra Green Tea Antiacne Essence Cream. Dari beberapa refrensi yang aku dapat tentang skincare untuk kulit jerawat, akan lebih baik kulit yang sedang jerawat meradang itu menggunakan moisturizer yang ringan seperti texturenya gel ini, karena lebih mudah menyerap ke kulit dan tidak menyumbat pori-pori, sehingga tidak menimbulkan jerawat baru.

        🌼Jangan lupa selalu gunakan sunscreen. Nah sunscreen yang sekarang ini sering aku pakai adalah Emina Sun Protection SPF 30 PA +++. Sunscreen ini ringan sekali di wajah dan tidak ada whitecase, yang paling penting texturenya yang ringan itu jadi mudah di aplikasikan beberapa layer. Aku selalu bawa sunscreen ini di tas, biar gampang diambil saat mau re-apply.

Nah, itu cerita panjang aku tentang puasa skincare. Bisa aku simpulkan dengan puasa skincare ini ada perubahan yang baik untuk kulitku. Kulit jadi lebih rilex dan bisa istirahat sementara dari bahan aktif, jerawat dikulit juga bisa di atasi.

Tetapi selain melakukan puasa skincare, aku juga mencoba mengubah kebiasaan buruk yang sering aku lakukan. Dari kondisi kulitku ini, aku belajar kalau masalah jerawat itu bisa timbul bukan karena salah skincare aja tapi karena banyak faktor internal dan eksternal.

Aku mulai membiasakan tidak sering begadang, banyak minum air putih, perbanyak makan sayur, dan mengurangi main gadget. Jadi kebiasaan buruk yang sering kita lakukan juga bisa mengganggu vitalitas kulit sehingga menimbulkan jerawat dan masalah kulit yang lain. Dengan mengubah kebiasaan buruk itu menjadi kebiasaan yang baik, akan membantu mempercepat sembuhnya kulit dari jerawat.

Oke beautyblogs, udah dulu ya ceritanya. Terima kasih sudah membaca curhatanku. Semoga kalian yang mengalami kondisi yang sama dengan kulitku, cepat menemukan cara mengatasi jerawatnya ya.

 

Salam beautiblogs….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JJ Glow Moisturizing Cream {REVIEW}

Hai genggess… aku kembali setelah istirahat sebentar dari blog. Gimana kabar kalian gengs? Semoga sehat ya,, J Aku ketemu sama produk baru nih gengs. Ketemunya udah sekitar sebulanan sih, kebetulan di tawarin temen yang olshop-an, dan penasaran mau coba. Produk ini keluaran dari MS Glow Beauty. Sebelumnya aku juga udah beberapa kali cerita tentang produk-produk MS Glow. Kalau aku lihat-lihat, produk ini cukup popular di Bali, mungkin karena lagi gencar-gencarnya promosi dan ada banyak yang jual offline atau online juga. Beberapa temenku juga ada yang jual, jadi lumayan mudah cari produknya. Eh,,, mulai ngalor ngidul lagi ceritanya. Aku belum bilang nama produknya ya gengs, hehe. Produk yang mau aku ceritain kali ini, namanya JJ Glow Moisturizing Cream. Baca Juga :   MS Glow Moist Cushion JJ Glow Moisturizing Cream ini diformulasi untuk pemakaian di wajah dan badan. Tetapi dari awal pemakaian aku cuma pakai untuk badan aja. Aku pakai seperti pemakaian lotion. Sebelum kebagi

REVLON "Touch & Glow Moisturizing Makeup" dan "Touch & Glow Extra Moisturizing Face Powder {REVIWE}

Hai gengs,, welcome back.... Bulan puasa udah mau usai aja nih dan bentar lagi Idul Fitri ya,, temen-temen muslim udah persiapan apa aja sih?? Pasti udah banyak banget kan ya..... Seneng ya kalau sudah menyambut hari raya gini, dimana-mana pasti banyak discountnya (keliatan banget pemburu discount,, hehe 😆) Ngomongin banyak discount, aku baru aja dapet dua perlengkapan tempur baru, hasil discount-an di outletnya REVLON. Kedua produk ini termasuk yang baru pertama aku coba, jadi aku mau sharing sedikit review dan gimana first impression aku coba produk REVLON. Jadi produk yang baru aku beli adalah REVLON Foundation "Touch & Glow Moisturizing Makeup" dan REVLON "Touch & Glow Extra Moisturizing Face Powder". Aku akan mulai review dari faoundatinnya dulu ya.. Touch & Glow Moisturizing Makeup 💞 PACKAGING Touch & Glow Moisturizing Makeup Foundation ini memiliki kemasan luar berbahan karton berwarna hitam. Pada bagian kemasan dicet

Cushion Lokal yang lagi Nge-Hits ~ Moist Cushion by MS Glow

Hai dear….. Postingan kali ini aku akan review salah satu cushion dari brand lokal yang booming akhir-akhir ini. Ada yang tau brand ini???? Yaps,,, MS Glow. Pada review ku yang pertama aku memilih Moist Cushion karena ini adalah salah satu produk yang lumayan sering aku pakai. Awalnya MS Glow ini adalah brand untuk perawatan kulit wajah dan badan, tetapi saat ini sudah mulai mengeluarkan produk-produk kosmetik, salah satunya adalah cushion. Oke deh kita mulai saja ya… Pertama packaging-nya dulu nih,,, dari luar si moist cushion ini lucu dan elegant banget. Kenapa aku bilang lucu, karena aku suka lihat warna pink dari box nya. Dan perpaduan warna pink dan sentuhan warna gold pada tulisannya bikin cushion ini terlihat mewah. Untuk brand lokal yang baru melejit namanya, ini bisa menjadi daya tarik para pembeli loh…. gak cuma box-nya saja yang aku suka ternyata di bagian tempat cushion-nya juga elegant. Pada tempat cushion warnanya bukan pink lagi tapi dipilih perpaduan antara pu